Thursday, December 29, 2016

Mudahnya mendapatkan tiket kereta api via web KAI dan CTM Cetak Tiket Mandiri

Mudahnya mendapatkan tiket kereta api via web KAI dan CTM Cetak Tiket Mandiri


www.opowi.net - Alhamdullillah beberapa waktu lalu punya rezeki dan merencanakan untuk bepergian ke Bandung menggunakan moda transportasi kereta (note: Berangkat dari stasiun Gubeng Surabaya). Untuk itu yag paling penting adalah tiket, maka jauh hari saya sudah pesan tiketnya. Karena males banget harus pesen tiketnya ke Stasiun , Saya putuskan langsung booking aja via web kereta api , Ini juga pertama kalinya saya booking lewat internet. Setelah saya buka webnya ternyata cara pemesanannya sangat mudah sekali, sebagai pemulapun masih dapat dimengerti..




Yang pertama isikan kolom yang ada di bagian kanan, ikuti semua prosedur yang ada.  Anda juga bisa memilih tempat duduk yang anda inginkan , di web tersebut juga terdapat pilihannya. Jika semua prosedur telah selesai anda akan diarahkan untuk membuka email yang anda gunakan untuk registrasi, karena akan ada kiriman email dari KAI.  


setelah mendapat email dari KAI, segera bayar nominal yang tertera( bisa bayar via teller maupun ATM,tapi menurut saya lebih enak lewat ATM), karena anda hanya diberi waktu kurang lebih 2-3 jam , jika tidak segera dibayar maka yang anda booking dianggap batal. Jika pembayaran sudah dilakuakan anda akan langsung mendapat email yang salah satu isinya adalah kode booking.

kalau sudah mendapatkan kode bookingnya anda tinggal mencetaknya di CTM , Apa itu CTM ? CTM sendiri kependekan dari Cetak Tiket Mandiri, dimana kita akan dapat mencetak langsung tiket yang sudah kita pesan, caranya gampang :


1. Masukkan kode booking yang anda terima ke layar Monitor > Tekan cari (kalau di gubeng Sudah Touchscreen, sedangkan di Kiara Condong ada yang memakai mouse)

2.jika nama penumpang yang tertera suda benar tekan cetak ( Berapapun penumpangnya anda hanya cukup menekan cetak satu kali saja) , Tiket pun akan tercetak.

Dari pengalaman saya , Mesin tiket ini sangat membantu,  tapi mesin ini tidak dapat memotong Tiket secara Otomatis . Jika anda tidak berhati-hati bukan tidak mungkin tiket akan robek. Sayangnya Masih banyak orang yang belum memanfaatkan mesin yang sangat membantu ini, Dari pengamatan saya hanya sekitar 20%-30%  orang yang memanfaatkannya.

Semoga pengalaman saya berguna bagi anda .





Go to link Download